Tempat Wisata di Toraja, Cocok Jadi Tujuan Liburan

Tempat Wisata di Toraja, Cocok Jadi Tujuan Liburan

Tempat Wisata di Toraja, Cocok Jadi Tujuan Liburan - Tempat wisata baru di Toraja ini bisa dijadikan sebagai referensi kalau Anda dambakan pergi berlibur. Selain keunikan budaya suku Toraja, terkandung sejumlah destinasi daerah wisata baru di Toraja yang sayang untuk dilewatkan.

Kearifan lokal yang masih kental menempel terhadap masyarakat menjadi salah satu energi tarik pariwisata yang ada di Toraja, Sulawesi Selatan.

Beberapa keunikan yang bisa ditemukan adalah terdapatnya upacara pemakaman Rambu Solo yang mana menjadi rutinitas untuk menjunjung para leluhurnya. Lalu, apa saja daerah wisata baru di Toraja?

Desa Wisata Kete Kesu

Tempat Wisata di Toraja

Keunikan kebudayaan masyarakat Toraja menjadi salah satu magnet wisata yang terlampau menarik bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Desa Kete Kesu adalah salah satu daerah wisata di Toraja Utara yang lumayan populer.

Terutama mengenai kekentalan rutinitas istiadat dan beberapa peninggalan sejarahnya. Pemandangan utama yang dapat disaksikan di kawasan ini adalah deretan tempat tinggal rutinitas tongkonan yang berjejer rapi.

Di daerah sekitar desa, pengunjung juga dapat mendapatkan peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang berumur ratusan tahun. Situs purbakala ini bahkan sudah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Berkunjung ke desa Kete Kesu sebaiknya terhadap bulan-bulan Juni sampai Desember. Sebab, di bulan-bulan berikut biasanya banyak upacara-upacara rutinitas yang bisa disaksikan secara segera oleh pengunjung.

Tongkonan Pallawa

Tempat Wisata di Toraja

Karena kehidupan masyarakatnya masih kental bersama dengan rutinitas istiadat, pengunjung pun diwajibkan juga untuk merawat sikap dan ketentuan sementara singgah ke desa ini. Desa berikut juga terlampau kondang bersama dengan kerjainan seni ukir dan pahat.

Desa rutinitas tertua yang menampilkan tempat tinggal rutinitas atau tongkonan ini miliki penampilan yang terlampau megah. Mengunjungi daerah ini serupa halnya bersama dengan menggali berbagai histori yang ada di dalamnya.

Anda bahkan dapat menemui tempat tinggal rutinitas yang dipadu bersama dengan hutan kecil dan banyak pohon. Menariknya, Tongkonan Pallawa ini miliki web pemakanan langka yang berjarak 1 km dari desa.

Kuburan Londa


Tempat Wisata di Toraja

Berkunjung ke Toraja belum lengkap kalau belum berkunjung ke objek wisata Londa. Ini adalah salah satu daerah wisata di Toraja Utara yang terlampau populer. Londa adalah goa daerah pemakaman oleh masyarakat Toraja.

Di dalamnya terkandung berbagai peti mati, tulang belulang, tengkorak dan jenazah yang usianya sudah ratusan tahun. Di langit-langit bukit goa itu, ada peti jenazah para leluhur yang disusun sedemikian rupa.

Konon, makin tinggi letak petinya, menunjukkan makin tingginya derajat kebangsawanan si jenazah tersebut.

Objek Wisata Londa ini terdapat tidak jauh dari pusat kota Rantepao. Letaknya ada di desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi.

Lokomata

Tempat Wisata di Toraja

Selain Londa, ada pula daerah peyimpanan jenazah yang lokasinya ada di pinggir jalan. Lokomata bermakna lubang, daerah yang terdiri dari batu yang terlampau besar daan dilubangi untuk tempatkan jenazah.

Di daerah ini, ada satu ketentuan yang berlaku. Yakni ketentuan pemakaman adalah satu lubang digunakan untuk pemakaman satu keluarga.

Lokomata terdapat di Sesean Matallao, Suloara. Tempat pemakaman ini enteng ditemukan gara-gara berada di pinggir jalan raya tepatnya ada di Kabupaten Toraja Utara.

Danau Limbong

Tempat Wisata di Toraja

Danau Limbong juga juga salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi di Toraja. Wisata itu disebut sebagai kolam alam limbong ini memperlihatikan panorama yang cantik dan menarik untuk dinikmati.

Lokasinya ada di desa Lembang, Kecamatan Rantepao, daerah ini laksana Oase di tengah dataran tinggi Toraja. Karena belum banyak yang tahu, di daerah ini pengunjung bisa bersantai sambil menikmati panorama sekitar.

Di sini, pengunjung bisa berfoto-foto sembari menikmati suguhan alam yang asri. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan sebagai latar belakang nuansa alam yang asri.

Kompleks Megalitikum Kalimbuang Bori

Tempat Wisata di Toraja

Di daerah ini, pengunjung bisa mendapatkan banyak bebatuan besar serupa stonehenge di Inggris. Batu-batu besar atau yang menhir ini merupakan peninggalan zaman purba megalitikum.

Ratusan menhir bersama dengan berbagai ukuran ditancapkan di sebuah lahan berumput dan menjulang tinggi. Lokasi daerah wisata Kalimbuang Bori ini terdapat di Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara.

Bagi masyarakat Toraja, daerah ini biasanya dijadikan daerah upacara rutinitas pemakaman bagi para pemuka rutinitas atau keluarga bangsawan yang meninggal.

Gumuk Pasir

Tempat Wisata di Toraja

Tak cuma itu, Anda bahkan juga bisa mendapatkan wisata gumuk pasir di Toraja. Gundukkan pasir yang membentuk bukit-bukit itu berasal dari sistem alam angin dan air hujan.

Untuk menjangkau daerah ini, perlu perjalanan yang lumayan menantang. Dari pusat kota Rantepao bisa diakses bersama dengan kendaraan bermotor sepanjang 45 menit.

Kemudian, pengunjung harus terjadi kaki sejauh 500 meter untuk sampai di Bukit Pasir Sumalu. Di daerah ini, pengunjung bisa berfoto-foto sembari memandang matahari terbit dan tenggelam.

Batutumonga

Tempat Wisata di Toraja

Batutumonga merupakan daerah wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di desa ini pengunjung bisa memandang panorama alam yang masih begitu terjaga.

Pengunjung bisaa memandang terdapatnya Kota Rantepao dari ketinggian menggapai 1300 M diatas permukaan laut. Sehingga, banyak orang menyebut daerah ini bersama dengan julukan 'negeri atas awan'.

Tempat Batutumonga berada di Kabupaten Toraja Utara. Tempatnya juga tak jauh dari wilayah wisata yang ada di Toraja lainnya.

Risiko Tukar Kursi dalam Pesawat Yang Perlu Diketahui

LihatTutupKomentar