Datang ke Makam Raja Mataram

Datang ke Makam Raja Mataram

Datang ke Makam Raja Mataram - Salah satu web peninggalan dari Kerajaan Mataram Islam adalah makam raja-raja di Kotagede. Kotagede merupakan area yang bersejarah di wilayah Kesultanan Yogyakarta.

Makam raja-raja di Kotagede sekarang menjadi keliru satu area bersejarah yang mendatangkan banyak wisatawan.

Namun, ada satu peraturan yang wajib ditaati oleh pengunjung, yakni kala masuk ke komplek makam raja-raja di Kotagede, wisatawan wajib mengganti baju yang ia memanfaatkan dengan baju kebiasaan khas Jawa. Berikut ulasannya.

Makam Raja-raja Kotagede


Sebuah video yang diunggah oleh channel Youtube Masbanyumas membuktikan kunjungannya ke makam raja-raja Kotagede.

Di web makam raja-raja berikut merupakan area disemayamkan beberapa raja Mataram Islam pada zaman pernah yang pernah berkuasa di Yogyakarta.

Di sana dimakamkan Sri Sultan Hamengkubuwono I, Hamengkubuwono II, dan lebih-lebih sampai makam Joko Tingkir.

Wajib Pakai Baju Adat Jawa


Untuk datang ke dan masuk ke dalam komplek makam raja-raja Kotagede, wisatawan wajib mengganti bajunya dengan baju kebiasaan khas Jawa.

Bagi pria, wajib memakai baju surjan, yang dipadukan dengan kain dan blangkon. Baju itu disebut peranakan. Sedangkan wanita wajib memakai kemben.

Sejarah Makam Raja-raja Kotagede


Komplek pemakaman raja-raja Kotagede Yogyakarta atau yang dinamai Pasarean Hastana Kitha Ageng adalah pemakaman raja-raja pertama di Yogyakarta.

Makam raja-raja ini dibangun pada jaman Panembahan Senopati dan terletak di sebelah barat Masjid Agung Kotagede yang berada di Dusun Sayangan, Jagalan, Banguntapan, Bantul.

Makam raja-raja di Bantul juga dikelilingi dengan tembok batu bata dan tembok di sebelah timur menyatu dengan tembok Masjid Agung Kotagede. Di sini, bersemayam raja-raja Yogyakarta dari jaman ke masa.

Wanita Ini Dibikin 'Malu' di Keramaian Karena Hadiri Acara Wisuda

LihatTutupKomentar