Cara Menghilangkan Bau Kaki Alami

Cara Menghilangkan Bau Kaki Alami

Cara Menghilangkan Bau Kaki Alami - Cara menghalau bau kaki secara alami mutlak untuk diketahui oleh seluruh orang. Sama layaknya bau badan dan mulut, bau kaki terhitung memadai mengganggu dan dapat turunkan keyakinan diri seseorang. Dalam bahasa medis, bau kaki dapat disebut terhitung dengan arti bromodosis.

Penyebabnya yaitu karena kondisi kaki yang lembap dan berkeringat supaya membawa dampak pertumbuhan bakteri di kaki yang berlebih. Bakteri yang berlebih itu biasanya lama kelamaan bakal mengundang bau. Sebenarnya, bau kaki adalah kondisi normal.

Sebab, seluruh orang pasti membuahkan keringan dan punya bakteri alami yang hidup di kaki. Namun, kecuali keringat terlalu berlebih dan mengundang bau tidak nyaman, kondisi ini harus diatasi.

Untuk itu, mutlak mengatahui penyebab bau kaki dan cara menghalau bau kaki secara alami. 

Penyebab Bau Kaki


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kecuali bau kaki biasanya disebabkan karena penumpukan bakteri akibat keringat. Melansir berasal dari laman Healthline, penyebab bau kaki lainnya seperti:

Berjalan kaki dengan intensitas tinggi
Melakukan aktivitas fisik yang berat
Mengidap penyakit khusus yang rentan membawa dampak memproduksi keringat berlebih

Setelah melakukan aktivitas, bakteri bakal muncul di kaki. Bakteri ini menopang memecah keringat pada kaki selagi dilepaskan. Jika keringat dan bakteri menumpuk, bau busuk pun akan terbentuk.

Bakteri ekstra condong terbentuk saat seseorang berkeringat di sepatu mereka, melepasnya, dan kemudian mengenakannya kembali tanpa membiarkannya amat kering.

Tidak memelihara kebersihan terhitung menjadi tidak benar satu segi utama penyebab bromodosis. Seperti tidak mencuci kaki dan jarang mengganti kaus kaki. Setelah mengetahui penyebab bau kaki, Anda harus mengetahui bagaiamana cara mengatasinya.

Rutin Membersihkan Kaki


Tidak memelihara kebersihan menjadi tidak benar satu segi utama penyebab bau kaki. Untuk menghalau bau kaki, kuncinya adalah dengan memelihara kebersihan dan kerapihan kaki. Dengan begitu, bakteri penyebab bau kaki pun dapat dihilangkan.

Pakai sabun yang lembut dan scrub dalam mencuci kaki setidaknya sehari sekali. Waktu paling baik untuk mencuci kaki adalah selagi mandi pagi dan mandi sore. Setelah mencuci kaki, amat mutlak untuk mengeringkan kaki sepenuhnya.

Bersihkan sela-sela jari kaki dan jangan lupa mengeringkannya juga. Sebab, sisa-sisa air pada sela jari dapat dengan gampang membawa dampak bakteri tumbuh. Bersihkan terhitung kuku kaki secara teratur.

Hilangkan kulit mati berasal dari kaki dengan foot file. Hal ini mutlak karena kulit keras bakal menjadi lembek saat basah dan menciptakan area di mana bakteri hidup.

Bau kaki ternyata terhitung dapat diatasi dengan manfaatkan lemon. Hal ini karena kandungan anti-bakteri di dalamnya yang dapat mematikan bakteri penyebab bau kaki.

Caranya dengan peras enam buah lemon ke dalam baskom. Kemudian campurkan dengan air hangat sebanyak setengah baskom. Lalu, rendam kaki sekitar lima belas menit supaya bakterinya mati.

Gunakan Kopi


Selain lemon, kopi terhitung dapat digunakan sebagai bahan alami menghalau bau kaki. Kandungan kafein pada kopi dapat menyerap senyaa sulfur yang menjadi penyebab bau kaki.

Caranya dengan memadukan bubuk kopi yang diseduh dengan sedikit air panas lantas aduk hingga mengental menjadi pasta.

Pakailah pasta kopi di permukaan kulit kaki secara merata. Diamkan sekitar lima belas menit lantas bilas dengan air bersih.

Scrub Garam


Menghilangkan bau kaki dengan garam sebenarnya sudah banyak diketahui orang karena cara ini terbilang memadai efektif dan mudah.

Tuangkan garam ke dalam air dengan jatah kurang lebih 1:5, kemudian rendam kaki sepanjang 15-20 menit lantas keringkan hingga bersih.

Garam dipercaya dapat menopang menghalau bau kaki karena kandungannya yang dapat mengurai kelembaban pada kaki dan terhitung membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Cuka


Kadar asam tinggi pada cuka terhitung dapat bantu hilangkan bau kaki. Caranya, campurkan setengah gelas cuka dengan 1 baskom air, lantas rendam kaki sepanjang 15 menit. Lakukan cara ini secara rutin, sekurang-kurangnya sekali seminggu.

Rajin Ganti Kaus Kaki dan Cuci Sepatu


Selain memelihara kebersihan kaki, kebersihan sepatu dan kaus kaki yang digunakan terhitung harus diperhatikan. Ganti kaus kaki sehari sekali. Bila Anda beraktivitas di lingkungan yang panas atau berolahraga, harus lebih kerap mengganti kaus kaki.

Pilih kaus kaki yang menyerap keringat, sekiranya kaus kaki tebal dan lembut yang terbuat berasal dari serat alami atau kaus kaki olahraga.

Hindari kaus kaki berbahan serat sintetis yang biasanya bertekstur licin dan tipis. Meski tipis dan nyaman di kaki tapi kekuatan serap pada keringat tidak bagus, supaya keringat bakal terlilit dalam sepatu.

Pastikan terhitung sepatu yang dipakai nyaman dan diperhatikan kebersihannya. Membiarkan sepatu kotor dan lembap serupa dengan melepas kaki kembali bau lagi.

Cuci sepatu setidaknya seminggu sekali supaya pertumbuhan bakteri di sepatu terhambat. Jika tidak sempat mencuci sepatu, setidaknya sering-sering jemur sepatu di bawah cahaya matahari dan taruh di area dengan sirkulasi udara yang baik.

Datang ke Makam Raja Mataram

LihatTutupKomentar