Satu Prajurit Bhayangkara Majapahit Setara 40 Prajurit

Satu Prajurit Bhayangkara Majapahit Setara 40 Prajurit

Satu Prajurit Bhayangkara Majapahit Setara 40 Prajurit - Pertahanan punya Kerajaan Majapahit dikenal kuat dan susah dikalahkan di masa pimpinan Mahapatih Gajah Mada.

Luasnya Kerajaan Majapahit sebab berhasil mempersatukan banyak pulau di Nusantara mengakibatkan Majapahit jadi kerajaan maritim yang kuat.

Kekuatan Majapahit pun hingga mengakibatkan kerajaan tetangga segan dan cemas menghadapi kapabilitas militer semasa Gajah Mada menjabat. Bahkan, kapabilitas armada laut Majapahit dipuji para penjelajah laut.

Alasan tersebut yang mengakibatkan Majapahit menggapai puncak kejayaannya. Termasuk peran Gajah Mada dalam membentuk pasukan elit bernama Bhayangkara. Bagaimana kisah terbentuknya Pasukan Bhayangkara? Simak informasi tersebut ini.

Asal-Usul Pasukan Bhayangkara


Nama Bhayangkara dewasa ini sama dengan Kepolisian Republik Indonesia. Namun jauh sebelum Indonesia muncul, kata Bhayangkara telah muncul di masa Majapahit.

Melansir berasal dari akun Twitter @DivHumas_Polri, Kamis (23/2) kata Bhayangkara berasal berasal dari bhs Sanskerta yang bermakna penjaga, pengawal, pengaman, dan pelindung keselamatan Negara dan bangsa.

Pasukan Bhayangkara bertugas untuk mengabdi demi keselamatan rakyat di masa Kerajaan Majapahit. Sejak awal pertama kali terbentuk, pasukan ini hanya terdiri 15 orang dan dikepalai oleh Patih Gajah Mada.

Pasukan Elit Majapahit


Mengutip buku 'Kumpulan Cerita Majapahit' karya penulis Ayuhanafiq, RB.Abd. Gani, Evi Sudyar, terbitan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto 2020, Bhayangkara jadi satu berasal dari sekian banyak bukti kuatnya militer Majapahit.

Buku tersebut mengatakan bahwa Bhayangkara adalah pasukan elit Kerajaan Majapahit. Bahkan pasukan ini yang berada di garda terdepan waktu berjalan peperangan.

Memiliki kualitas yang beda berasal dari pasukan biasa mengakibatkan rakyat Majapahit mulai selalu terayomi dan aman.

Dalam sejarahnya, Bhayangkara berhasil mengungkapkan kasus-kasus makar. Kisah yang paling dikenal adalah waktu menyelamatkan Jayanegara berasal dari pemberontakan Ra Kuti, dan prestasi gemilang Gajah Mada yang berasal berasal dari kesatuan Bhayangkara dalam mempersatukan Nusantara.

Satu Prajurit Setara Empat Puluh Prajurit Biasa


Tugas utama Pasukan Bhayangkara adalah memelihara ketentraman, ketertiban, penegakan aturan sekaligus sebagai pengawal spesial raja dan Kerajaan Majapahit.

Untuk jadi anggota pasukan ini tidaklah mudah. Calon anggota Bhayangkara kudu menguasai beraneka pengetahuan dan trampil dalam bela diri.

Alasan ini yang mengakibatkan pasukan Bhayangkara sangatlah sedikit dan terbatas. Bahkan disebutkan bahwa kapabilitas satu orang personel Bhayangkara sama dengan kapabilitas empat puluh orang prajurit biasa.

Artikel Pendukung Lainnya : 

LihatTutupKomentar