Isi Surat Pengaduan Tertua di Dunia Berumur 3.800 Tahun

Isi Surat Pengaduan Tertua di Dunia Berumur 3.800 Tahun

Isi Surat Pengaduan Tertua di Dunia Berumur 3.800 Tahun - Pernakah Kamu melaksanakan pengaduan dikala tidak puas dengan suatu benda? Nyatanya, pengaduan ataupun keluhan telah dicoba dekat tahun 1700 saat sebelum Masehi ataupun dekat 3. 800 tahun kemudian.

Dikutip dari Iraq Today, pengaduan pelanggan tertua di dunia ditemui dalam tulisan prasasti kuno berumur 3800 tahun. Pengaduan ini dikirim dari Kota Ur bagian selatan Mesopotamia( Irak saat ini).

Prasasti tersebut merupakan Prasasti Babilonia Kuno dengan no inventaris 131236. Prasasti ini ditemui di museum Inggris, London.

Prasasti Babilonia Kuno berisi pesan pengaduan dari seseorang laki- laki bernama Nanni yang meringik tembaga yang dikirim kepadanya mempunyai mutu yang berbeda dan pengirimannya tertunda.

Pengusaha tembaga tersebut yang bernama Ea- nasir. Ia merupakan anggota Alik Timun, suatu serikat dagang yang berbasis di Dilmun. Sayang, Ea- nasir diketahui selaku pengusaha sangat kurang baik yang kerap menerima keluhan dari pelanggan.

Prasasti kuno tersebut diterjemahkan oleh Pakar Asurologi A. Leo Oppenheim dalam Surat- Surat dari Mesopotamia.

Dalam suratnya, Nanni menuliskan tentang gimana Ea- nasir tidak menepati janjinya buat mengirimkan tembaga mutu baik kepada utusannya.

Nanni setelah itu kembali mengirim utusannya buat memohon duit tembaganya kembali. Tetapi, Ea- nasir tidak membagikan beberapa nominal duit yang sudah dibayarkan oleh Nanni.

Nanni merasa sangat tidak dihormati oleh Ea-nasir. Dalam kalimat pesan terakhirnya, Nanni berkata tidak hendak membeli tembaga bermutu kurang baik dari Ea- nasir.

" Sewaktu Kamu tiba, Kamu berkata, Aku hendak bagikan utusan Kamu tembaga bermutu bagus. Kemudian Kamu berangkat serta tidak menepati janji. Kamu membagikan tembaga kurang baik kepada utusan aku serta berkata, jika ingin silakan, jika tidak silakan berangkat!," demikian kalimat Nanni yang diterjemahkan oleh Leo Oppenheim dalam Surat- Surat dari Mesopotamia.

Artikel Pendukung Lainnya :

LihatTutupKomentar