15 Manfaat Teh Rosella untuk Kecantikan dan Kesehatan

15 Manfaat Teh Rosella untuk Kecantikan dan Kesehatan

15 Manfaat Teh Rosella untuk Kecantikan dan Kesehatan - Sudah dulu mencicipi teh rosella? Teh yang diseduh dari bunga rosella kering ini punyai warna merah terang. Rasanya condong asam dan segar.

Teh rosella disebut punyai banyak faedah untuk tubuh kalau dikonsumsi secara teratur. Teh ini udah digunakan untuk pengobatan tradisional di beraneka negara. Menurut keterangan di dalam MedCrave Online, orang-orang Sudah memanfaatkannya untuk pengobatan luka dan sakit tenggorokan. Sementara menurut Banyan Botanicals, rosella termasuk dimanfaatkan dalam pengobatan Ayurveda.

Mengenal Rosella


Rosella, roselle, hibiscus atau jamaican sorrel (Hibiscus sabdariffa) adalah spesies tanaman berbunga yang berasal dari Afrika. Tanaman ini termasuk banyak ditemukan di Maharashtra, India.

Sampai ke Indonesia, rosella termasuk dikenal dengan nama asam kumbang, asam susur, dan asam paya. Tanaman ini tetap sekeluarga dengan kapas dan okra.

Bunga rosella yang berbentuk kuncup berwarna merah dengan kulit tebal. Bunga inilah yang kemudian dikeringkan dan diseduh jadi teh.

Kandungan Gizi Rosella


Satu porsi penyajian rosella (57 gram) punya kandungan 28 kalori, 0,4 gram lemak, 0,6 gram protein, dan 6,5 gram karbohidrat. Teh ini bebas lemak dan kolesterol.

Kelopak bunga rosella punya kandungan vitamin C yang memadai tinggi. Vitamin A (betakaroten) di dalamnya termasuk memadai tinggi, nampak dari warnanya yang merah terang.

Selain itu, rosella punya kandungan kalsium, kalium, dan 18 type asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Kelopak bunga rosela punya kandungan pektin yang baik untuk pencernaan. Sementara bunganya punya kandungan gosipetin, antosianin, dan glikosid hibiscin.

Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan


Melansir artikel dari Healthypro.org, penelitian th. 1999 oleh Fakultas Kedokteran Thailand membuktikan bahwa takaran gizi dalam bunga rosella mampu membuat sembuh beraneka macam penyakit.

Beberapa penyakit yang mampu dicegah dengan minum teh rosella secara tertata pada lain:

  1. Asam urat
  2. Hipertensi
  3. Kolesterol
  4. Batuk kronis
  5. Demam
  6. Penumpukan lemak di liver
  7. Gangguan pencernaan
  8. Koagulasi darah
  9. Kanker payudara
  10. Kerusakan ginjal
  11. Jantung koroner
  12. Osteoporosis

Teh rosella berbentuk diuretik, antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi. Jadi, sesuai untuk detoksifikasi. Bahkan, ada pula yang memanfaatkannya untuk terapi pecandu narkoba.

Manfaat Teh Rosella untuk Kecantikan


Kelopak bunga rosella punya kandungan vitamin C, vitamin A, arginina, dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Detoksifikasi dengan teh rosella mampu membantu mengontrol berat badan. Juga mampu melindungi kebugaran rambut.

Selain itu, sifat diuretik, antiseptik, dan antiinflamasi yang dimilikinya bagus untuk detoksifikasi agar kulit senantiasa sehat dan bebas masalah.

Itulah beraneka faedah teh rosella untuk kebugaran dan kecantikan.

Artikel Pendukung Lainnya :

LihatTutupKomentar