Tradisi yang Dilakukan Umat Hindu, Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan

Tradisi yang Dilakukan Umat Hindu

Tradisi yang Dilakukan Umat Hindu, Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan - Ucapan hari Raya Galungan dan Kuningan bisa Anda berikan kepada kerabat atau teman yang merayakannya. Hari Raya Galungan dan Kuningan adalah salah satu peringatan hari besar keagamaan bagi umat Hindu.

Dalam kalender Masehi, Hari Raya Galungan dan Kuningan ini dirayakan sebanyak dua kali dalam setahun. Bagi umat Hindu, perayaan Hari Raya ini untuk memperingati terciptanya alam semesta dan seisinya.

Hari Raya Galungan dirayakan setiap enam bulan Bali (210 hari), yakni pada hari Budha Kliwon Dungulan atau Rabu Kliwon wuku Dungulan. Tahun 2023 ini, Hari Raya Galungan Galungan dirayakan pada tanggal 4 Januari dan 2 Agustus.

Berikut kumpulan ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan, beserta tradisi yang dilakukan oleh umat Hindu dilansir dari berbagai sumber:

Hari Raya Galungan dan Kuningan


Hari Raya Galungan diperingati sebagai hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan). Hari Galungan adalah momen untuk memperingati terciptanya alam semesta. Sebagai ucapan syukur, umat Hindu kemudian akan memberi dan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara.

Sedangkan Hari Raya Kuningan diperingati umat Hindu untuk memohon keselamatan, perlindungan, dan tuntunan lahir batin kepada Dewa Bhatara, dan para Pitara. Hari Raya Kuningan juga kerap disebut Tumpek Kuningan.

Jarak antara perayaan Galungan dan Kuningan adalah 10 hari. Perhitungan perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan berdasarkan kalender Bali.

Hari Raya Galungan yang dirayakan tiap hari Rabu pada wuku Dungulan. Sementara Hari Raya Kuningan dirayakan setiap hari Sabtu pada wuku Kuningan. Berikut perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023:

  1. Tanggal 4 Januari 2023 (Rabu): Hari Raya Suci Galungan 2023
  2. Tanggal 14 Januari 2023 (Sabtu): Hari Raya Suci Kuningan 2023
  3. Tanggal 2 Agustus 2023 (Rabu): Hari Raya Suci Galungan 2023
  4. Tanggal 12 Agustus 2023 (Sabtu): Hari Raya Suci Kuningan 2023

Selain itu ada sederet tanggal lain termasuk dalam rangkaian peringatan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2023 yang ditetapkan sebagai hari libur dan dispensasi, yaitu:

  1. Tanggal 3 Januari 2023 (Selasa): Hari Raya Suci Penampahan Galungan
  2. Tanggal 5 Januari 2023 (Kamis): Hari Raya Suci Umanis Galungan
  3. Tanggal 13 Januari 2023 (Jumat): Hari Raya Suci Penampahan Kuningan
  4. Tanggal 1 Agustus 2023 (Selasa): Hari Raya Suci Penampahan Galungan
  5. Tanggal 3 Agustus 2023 (Kamis): Hari Raya Suci Umanis Galungan
  6. Tanggal 11 Agustus 2023 (Jumat): Hari Raya Suci Penampahan Kuningan

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 422.3/15315/PK/BKPSDM tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2023, tanggal di atas ditetapkan sebagai hari libur dan dispensasi bagi umat Hindu di Bali.

Artikel Pendukung Lainnya :

LihatTutupKomentar